Assalamu’alaikum warahmatullahi wa baarakatuh
Bapak/Ibu, teman-teman, dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, kita perlu memahami profil psikologi siswa-siswi kita. Maka ijinkan kami membagi informasi yang nantinya akan kami sampaikan secara bertahap, mengenai Profil Psikologi anak usia 7 hingga 13 tahun yaitu siswa-siswi kita kelas 1 SD sd 6 SD yang sekarang sedang berada pada tahap perkembangan yang penting, yang sering disebut masa pertengahan hingga akhir masa kanak-kanak (middle childhood).
Berikut adalah beberapa aspek perkembangan psikologis yang terjadi pada rentang usia ini:
(1) Perkembangan Kognitif
Tahap Operasional Konkret (Jean Piaget) : Anak usia ini mulai mampu berpikir logis tentang benda konkret dan situasi nyata, namun masih sulit memahami konsep abstrak. Mereka mulai memahami hubungan sebab-akibat, kemampuan klasifikasi, dan konservasi (misalnya, bahwa jumlah air tidak berubah meskipun bentuk wadah berubah).
Kemampuan Problem Solving : Anak mulai mengembangkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dan berpikir sistematis dalam situasi nyata.
(2) Perkembangan Sosial dan Emosional
Hubungan dengan Teman Sebaya : Anak menjadi lebih bergantung pada kelompok teman sebaya untuk mendapatkan dukungan sosial dan pengakuan. Persahabatan mulai berdasarkan kesamaan minat, kepercayaan, dan saling mendukung.
Kesadaran Sosial : Anak mulai memahami aturan sosial, empati, dan perspektif orang lain, serta belajar menyesuaikan diri dengan norma sosial.
Perkembangan Identitas
Mereka mulai mencari tahu siapa mereka dalam kelompok sosial dan menunjukkan minat terhadap hobi dan aktivitas tertentu yang mendukung identitas mereka.
(3) Perkembangan Moral
Tahap Moralitas Konvensional (Lawrence Kohlberg) : Anak pada usia ini cenderung mematuhi aturan dan norma sosial untuk mendapatkan persetujuan dari orang lain dan menjaga keteraturan sosial.
(4) Perkembangan Bahasa
Anak mengembangkan keterampilan bahasa yang lebih kompleks, seperti menggunakan kosakata yang lebih luas, menyusun kalimat kompleks, dan memahami makna kiasan atau simbolik dalam percakapan.
(5) Perkembangan Fisik dan Motorik
Motorik Halus dan Kasar : Anak usia ini memiliki koordinasi yang lebih baik, memungkinkan mereka berpartisipasi dalam aktivitas olahraga atau seni dengan lebih terampil.
Kesadaran Tubuh : Mereka mulai menyadari perubahan fisik mereka, yang mungkin terkait dengan pubertas awal pada sebagian anak.
(6) Kebutuhan dan Tantangan
Dukungan Emosional : Anak membutuhkan dukungan dari orang tua dan guru untuk mengelola emosi, membangun kepercayaan diri, dan mengatasi stres atau kegagalan.
Keseimbangan Mandiri dan Bimbingan : Anak perlu diberi ruang untuk mengeksplorasi dan mengambil keputusan sendiri, tetapi tetap membutuhkan bimbingan dalam membedakan yang benar dan salah.
Pemahaman terhadap karakteristik psikologis ini penting untuk membantu orang tua, guru, dan lingkungan mendukung perkembangan anak secara optimal.
Catatan :
Semoga pendampingan kita ke anak-anak sukses, aamiin
Sukses selalu 🙏